May 6, 2014

All About Skripsi

Untuk mendapat selembar ijazah S1, maka setiap mahasiswa harus melewati cobaan terberat dalam karirnya selama di kampus. Yap, SKRIPSI!
Berikut ini adalah fase-fase yang sering dilalui oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Check it!

1. Semangat Membara
Kebanyakan mahasiswa akan sangat bersemangat dalam mengerjakan skripsi sesaat setelah judul mereka disetujui oleh dosen. Tapi sekali mendapat kendala dalam pengerjaannya, walaupun cuma masalah yang sangat kecil (misalnya revisi), niscaya semangat itu akan memudar. Whuuus~

2. Malas-malasan
Karena malas-malasan, ngga jarang mahasiswa yang skripsinya molor satu sampe tiga semester. Sebenernya mahasiswa sadar sama kewajibannya itu. Mereka juga tahu deadline untuk mengumpulkan berkas. Tapi saking sadarnya, yang terjadi adalah penundaan pengerjaan skripsi dengan alasan "Heleh, deadline masih lama juga".
Atau, kemungkinan yang lain adalah: mereka semangat untuk mengerjakannya kembali, tapi saat buka laptop, maka pada saat itu juga haluan mereka berubah. Nonton video yang ada di laptop atau nge-game!
Dan ujung-ujungnya males nyentuh skripsian lagi.

3. The Power of Ancaman
Mahasiswa bakal memacu dirinya untuk menyelesaikan skripsi kalau ada anceman.
Misal nih, dia dapet anceman dari nyokap. Si nyokap bilang kalo skripsian ngga selesai semester ini, maka tunjangan bulanan bakal dihapus pas semester selanjutnya.
Bisa juga berasal dari kampus yang ngancem bakal nge-drop out kalo ngga selesai juga. Tapi anceman yang paling berarti adalah dari hati sendiri.
Hmm, bukan anceman sih sebenernya.. tapi lebih ke rasa malu ke temen-temen seangkatan dulu yang udah pada lulus.
Dengan segala anceman itu, maka mahasiswa bakal mati-matian buat nyelesein skripsinya. Adrenaline rush!

4. BYE, SKRIPSI! BYE!!
Setelah skripsi, sidang, dan revisi.. maka pada saat itulah mahasiswa bisa kembali bernapas dengan kedua lobang hidungnya secara legaaaa~ Babai, skripsiiiiiiih :')
Title: All About Skripsi; Written by MOPISENJE; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment